Kamis, 22 Juli 2010

Amplang.. Oleh - oleh khas Kotawaringin Barat.. Bagaimana cara pembuatannya??

AMPLANG. Masyarakat Kalimantan pasti mengenal camilan sejenis kerupuk ini karena amplang merupakan salah satu makanan khas di Kalimantan.
Penasaran nggak sih Kalian dengan cara pembuatan amplang? Nah, kali ini teman-teman kita dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Raja Pangkalan Bun, yakni Maulidia Arianti Santoso, Rifka Valentina, dan Anugrah Agung Saputra mengunjungi industri rumah tangga amplang milik Ibu Utin Munawati yang ada di kawasan Jalan Pangeran Antasari Pangkalan Bun untuk mengetahui proses pembuatan amplang. Kita simak yuk hasil wawancaranya!

- Ibu, sebenarnya amplang itu terbuat dari apa sih kok rasanya enak sekali?
Bahan-bahannya itu ikan, tepung tapioka, telor, racikan bumbu dan minyak goreng. Tapi ikannya harus ikan belida atau ikan pipih.

- Kenapa harus ikan belida, memang tidak bisa ikan yang lain ya Bu?
Sebenarnya bisa saja menggunakan ikan jenis lain, seperti ikan haruan (gabus), tetapi rasanya akan berbeda. Daging ikan pipih itu rasanya lebih enak dan lembut jika dihaluskan.

- Bagaimana cara membuat amplang?
Pertama-tama, ikan yang sudah dikerik dan dibersihkan dihaluskan dulu sampai benar-benar lembut. Lalu masukan bumbu dan diaduk. Masukkan tepung dan diaduk lagi sampai rata. Supaya cepat rata diberi air secukupnya. Setelah menggumpal dibentuk dan bisa langsung digoreng.

- Tadi Ibu sebutkan untuk memasukkan bumbu. Bumbu itu terdiri dari apa saja?
Bumbunya bawang putih, garam, dan gula yang dihaluskan hingga rata. Biasanya kalau untuk satu kilogram ikan, tepungnya enam ons dan telornya cukup dua biji. Kalau bumbunya secukupnya saja.

- Tapi membuatnya tidak dicampuri bahan pengawet kan Bu?
Kalau kami tidak Dik. Makanya, kalau sudah terlalu lama juga tidak baik untuk dimakan.

- Biasanya dijual ke mana saja?
Selain berjualan langsung di rumah, kami juga menitipkan ke toko-toko makanan dan swalayan di Pangkalan Bun. Dalam satu bulan sedikitnya 25 kardus yang kami kirim ke toko-toko. Satu kardusnya berisi delapanbungkus.. ( borneonews )

4 komentar:

  1. wah foto ampalngnya beda dengan yg dijual Bu Utin Munawaty....ganti donk dgn yg asli....

    BalasHapus
  2. salam ya. dimana ada jual amplang?di malaysia ada x?teringin nak makan.boleh ajar secara detail x cara membuat nya?

    terima kasih.

    salam alaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Utin Munawati yang ada di kawasan Jalan Pangeran Antasari Pangkalan Bun

      Hapus
  3. tuh yang di foto amplangya hj.Aluh Anga dari sukamara......

    BalasHapus